Monday, July 9, 2007

10 Cara Membebaskan Diri dari Stress di Kantor

Merasa terjebak oleh pekerjaan? Bosan dengan rutinitas harian yang tak berubah? Ini dia rahasianya agar "hidup lebih hidup".

1. Pekerjaan bukan segalanya
"Jangan biarkan pekerjaan merusak hidup Anda," kata Susie Mantel, ahli terapi anti stres. Selalu agendakan satu atau dua kali pertemuan dalam seminggu untuk kegiatan sosial. Patuhi agenda tersebut seperti halnya Anda melakukan projek lainnya.

2. Jangan lewatkan makan siang
Perut kosong bisa membuat emosi menjadi kacau, akibatnya Anda gampang menjadi marah.
Biasakan untuk sarapan dan jangan biarkan tumpukan pekerjaan membuat Anda melewatkan makan siang.

3. Sedikit waktu untuk rileks
Emosi dapat dengan mudah meninggi, jadi sisihkan satu-dua menit setiap hari untuk melemaskan saraf. Bangkit dari kursi, berjalan berkeliling, menghirup udara segar atau ngobrol singkat dengan rekan kerja akan membuat perasaan lebih rileks sehingga produktivitas akan meningkat.

4. Ganti "pemandangan"
Pasti bosan dong dari pagi hingga sore berada di meja yang sama, menatap layar monitor atau bergelut dengan kertas-kertas. Saat makan siang, singgahlah ke suatu tempat yang memiliki suasana berbeda, taman atau toko hewan peliharaan misalnya.

5. Status Anda bukan cuma karyawan
Ingatkan diri Anda bahwa Anda masih memiliki kehidupan lain di luar kantor. Memasang foto keluarga, postcard atau foto liburan terakhir di meja. "Pekerjaan hanyalah satu bagian dari diri Anda, bukan segalanya," kata mantell.

6. Belajar berkata tidak
Apakah Anda merasa tugas yang dibebankan melebihi batas? Apakah tengat tugas tidak realistis? Percayalah pada intuisi Anda. Jika Anda tak pernah bisa lagi datang ke gym selama 2 bulan terakhir ini, mungkin Anda memang layak mendapat waktu lebih longgar untuk menyelesaikan tugas.

7. Minta bantuan
Mungkin Anda ingin mengerjakan semuanya sendiri, tapi mendelegasikan tugas pada akhirnya akan menghemat waktu Anda.

8. Bekerja dengan cerdas, bukan keras
Rekan kerja Anda selalu bisa pulang tepat waktu? Bisa jadi Anda tidak bisa mengatur waktu dengan baik. Patuhilah jadwal yang sudah dibuat dan lakukan yang terbaik dengan waktu yang dimiliki.

9. Buat persiapan pulang kantor
Berhentilah bekerja 30 menit sebelum Anda meninggalkan kantor. Gunakan waktu tersebut untuk merapikan meja atau membuat rencana kerja esok hari.

10. Jangan terlalu perfeksionis
Jangan memaksakan diri menerima semua projek dari atasan. Lebih baik menginvestasikan waktu untuk projek yang memang masuk akal untuk dikerjakan.

Penulis: An

Sumber: http://www.kompas.com

No comments: